Hindari Penyebab Bibir Kering

Tidak cuma rambut dan kulit menawan, bibir juga menjadi salah satu unsur yang membuat wanita terlihat sehat dan menawan. Bibir yang kering dan pecah-pecah kecuali mengganggu penampilan, juga dapat menjadi tanda adanya situasi sulit kesehatan, seperti dehidrasi, iritasi bibir, dan malnutrisi. Sistem menyelesaikan bibir kering perlu dikerjakan dengan perawatan dari dalam dan luar.

Kulit bibir tak mempunyai pelindung terhadap cahaya UV, perubahan temperatur, angin, dan imbas AC. Karena tak seperti komponen kulit lainnya, kulit bibir tak mempunyai melanin, ialah pigmen pewarna kulit sekalian pelindung kulit. Kulit bibir juga tak mempunyai kelenjar yang dapat mewujudkan pelumas natural untuk melembapkan komponen kulitnya. Maka, guna menjaga kesehatan bibir, Anda perlu mengetahui sebagian cara menyelesaikan bibir kering dan apa saja yang menyebabkannya. Bibir kering disebabkan oleh beragam unsur, baik itu tradisi ataupun unsur lingkungan. Penyebab bibir kering di antaranya:

Menjilat bibir

Pada saat bibir kering, tanpa sadar Anda mungkin akan menjilat bibir dengan maksud membasahinya agar tak kering. Faktanya, tradisi ini yang membuat bibir menjadi lebih kering, sebab air liur yang terus-menerus dioleskan ke bibir justru akan menghilangkan kelembapan natural bibir.

Pengaplikasian lipstik

Lipstik yang berjenis matte (tak mengkilap) memang sedang naik daun akhir-akhir ini ini. Tapi tahukan Anda? Rupanya, lipstik matte ini justru membuat bibir menjadi kering. Tidak cuma lipstik ragam matte, lipstik yang menjanjikan warna yang tahan lama juga dapat membuat bibir kering dan pecah-pecah.

Cahaya sang surya

Rupanya tak cuma kulit tubuh Anda yang patut terlindung dari cahaya sang surya, namun juga bibir Anda. Cahaya UV juga dapat membuat bibir menjadi kering, terbakar sang surya, pecah-pecah, dan mengelupas.

Pengaplikasian pelembap bibir dengan rasa

Bibir memang tak dapat melembapkan dirinya sendiri. Akan namun, mengoleskan pelembap dengan perasa justru memicu bibir menjadi kering. Hal ini dikarenakan pelembap bibir yang mempunyai rasa dapat merangsang Anda untuk berulangkali menjilati bibir. Alhasil, bibir pun jadi kering dan pecah-pecah.

Bahan kimia iritatif

Sebagian orang dapat mengalami situasi sulit bibir kering saat terpapar dengan bahan kimia yang bersifat iritatif. Iritasi dapat membuat kulit bibir rusak dan meradang sehingga bibir menjadi kering. Bahan-bahan ini biasa ditemukan pada pewarna, parfum, atau sabun berbahan keras.

Sedang dalam pengobatan

Pengobatan atau konsumsi suplemen tertentu dapat memicu bibir kering, di antaranya vitamin A, retinoid, litium (umumnya dipakai untuk mengobati bipolar), dan obat-obatan kanker.

Selain hal-hal di atas, unsur atau kondisi medis tertentu juga dapat menjadi penyebab bibir kering. Sebagian kondisi medis yang dapat membuat bibir kering ialah dehidrasi, kurang nutrisi seumpama kurang zat besi dan vitamin B, infeksi, kondisi autoimun, dan alergi.

Sebelum masuk ke dalam pembahasan utama, ialah cara menyelesaikan bibir kering. Tentu tak ada salahnya mengetahui lebih dahulu apa saja penyebab bibir kering. Supaya sesudah Anda berhasil menyelesaikan bibir kering, Anda dapat menghindari sebagian hal di bawah ini yang dapat membuat bibir kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *